Setting USB Modem 3G/HSDPA di Mikrotik

Kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Setting USB Modem 3G/HSDPA di Mikrotik  1 port USB yang ada di Mikrotik RB751U-2Hnd Menurut saya itu Multi Fungsi karena pernah di coba ternyata bisa juga untuk Flashdisk yang di jadikan cache web proxy internal selain itu fungsi Utamanya adalah untuk Modem USB.

Nah adanya fasilitas seperti ini kita bisa membangun jaringan warnet dan hotspot dengan biaya yang minim sekaligus fitur yang lengkap yaitu, bandwidth management, hotspot user manager, voucher timebase, voucher volume base, dll. weeeh serukan!
Untuk Memulai siapkan yang berikut :
- USB Modem 3G/HSDPA Huawei E172 atau E173 (bisa merk lain)
- Mikrotik Rb751U-2HnD (ini udah pasti)
- Komputer/Laptop (untuk akses mikrotik)
- Software Winbox (untuk Proses Setting)

saya menggunakan Modem USB Huawei E173 yang sudah support 3G/HSDPA
Jika sobat menggunakan usb modem dari merk lain, caranya sama saja. Untuk mengetahui merk dan model apa saja yang sudah support Mikrotik 751U-2HnD silahkan cek disini.
Langkah pertama silahkan nyalakan Mikrotik, RUN mikrotik sobat dengan menggunakan winbox,

Selanjutnya colokan modem USB Huawei E173 kemudian masuk ke menu System – Port, pastikan usb modem sudah terdetek dengan baik yaitu ditandai munculnya port usb beserta channelnya.
Untuk melihat lebih detail silahkan masuk ke System – Resource kemudian klik tombol USB.
Pada gambar diatas, Modem Huawei E173 saya telah terdeteksi dengan baik oleh mikrotik RB751U-2HnD.
Selanjutnya kita lakukan setting dial ppp usb modem. Setelah usb modem huawei E173 ke mikrotik kita colokan, maka pada menu interfaces akan muncul ppp-out1 dengan status masih disable. Klik kanan pada interfaces tersebut kemudian pilih enable. Selanjutnya klik 2x pada interfaces ppp-out1 dan lakukan setting sebagai berikut :
I N F O
Untuk kolom data channel dan info channel silahkan dicoba-coba mana yang cocok dengan usb modem yang Sobat gunakan terpenting kedua kolom tersebut harus sama. Untuk Huawei E173 hanya punya pilihan channel 0 dan 1. Masing-masing USB modem mempunyai jumlah channel yang berbeda
Untuk APN, username dan password silahkan sesuaikan dengan operator yang Sobat gunakan.
Jika belum berhasil silahkan enable/disable ppp-out1 yang ada di menu interfaces, kemudian perhatikan log nya. Selain itu juga silahkan ganti-ganti channel yang sesuai dengan USB modem Sobat.
Jika ppp-out1 sudah terkoneksi dengan baik, maka sselanjutnya kita test ping dari New Terminal mikrotik ke internet, jika reply berarti Sudah jalan tinggal sobat sesuaikan dengan jaringan yang mengarah ke lokal .


Title : Setting USB Modem 3G/HSDPA di Mikrotik
Description : Kali ini saya akan membahas bagaimana Cara Setting USB Modem 3G/HSDPA di Mikrotik  1 port USB yang ada di Mikrotik RB751U-2Hnd Menurut saya ...

0 Response to "Setting USB Modem 3G/HSDPA di Mikrotik"

Posting Komentar