Console Ubuntu, Perintah Terminal 3

Console Ubuntu, Perintah Terminal 3

Sekarang kita akan ke tutorial yang masih tentang direktori tetapi lebih advance dari yag kemarin. Masih semangat kan? Apalagi jika kita di hadapan temen-temen, kan kelihatan lebih cool dengan console terminal. Oke kita lanjutin lagi.
pwd (Print Working Directory)
pwd adalah perintah untuk mengetahui kita sekarang berada di patc mana. Mungkin saja kita sedang asik main-main sama terminal jadi lupa di mana directori kita berada sekarang. Perintahnya sangat simple, cukup ketik sudo pwd atau pwd saja. Setelah kita memencet tombol enter, akan muncul patch directory tempat kita berada. Mudah kan.

ls (List)
Perintah ini digunakan untuk mengetahui daftar file dan folder yang berada pada directory tempat kita berada sekarang. Contohnya seperti ini ~$ ls, kita akan langsung disuguhi daftar file dan folder yang berada di directory “~” (home/user). Jika ingin directory yang lain, jangan khawatir, kita tinggal pakai perintah cd lagi. Arahkan ke directory yang diinginkan, kemudian masukkan perintah ls. Beres dah. Perintah ls memiliki turunan. Sejauh ini saya baru tahu turunannya yaitu lsusb. Untuk mengetahui daftar device yang tersambung lewat usb. Oh ya, jika tidak ingin susah-susah pakai perintah cd, langsung saja pakails <nama directory>.
cp (Copy)
Perintah ini digunakan untuk mengkopi file dari directory A ke directory B. Rumusnya
cp <path direktori A> <path direktori B>
cp <nama file> <path direktori tujuan>
Ini penjelasanya, yang pertama digunakan saat kita mengkopi file dari directory yang sedang tidak kita kunjungi. Yang kedua kita pakai saat kita berada di directory yang sedang kita kunjungi.

Oke, Selamat mencoba

Bersambung >>

Console Ubuntu, Perintah Terminal 3

Title : Console Ubuntu, Perintah Terminal 3
Description : Console Ubuntu, Perintah Terminal 3 Sekarang kita akan ke tutorial yang masih tentang direktori tetapi lebih advance dari yag kemarin. Masi...

0 Response to "Console Ubuntu, Perintah Terminal 3"

Posting Komentar