Instalasi MikroTik RouterOS di Flashdisk

Instalasi MikroTik RouterOS di Flashdisk

Assalamualaikum. Selamat sore kawan, kali ini saya akan share bagaimana cara instalasi RouterOS MikroTik di Flashdisk. Cara ini saya gunakan di kelas training offline di rumah, dimana nantinya Flashdisk tinggal colok di Laptop peserta training. Bagaimana dengan OS yang sudah terinstall di Laptop? Aman koq, karena nantinya RouterOS MikroTik akan terinstall di Flashdisk bukan di Laptop/Desktop.

Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan :
1. Software Netinstall
2. Paket RouterOS
3. Flashdisk kosong (jika ada datanya backup dulu) karena secara otomatis akan terformat

untuk demo ini saya akan menginstall RouterOS versi 5.24, jadi silahkan disesuaikan versi netinstall dan RouterOS yang akan Anda install.

Download di www.mikrotik.com/download

setelah semua ready, lanjut pada proses instalasi paket RouterOS ke Flashdisk. Colokin flashdisk lalu jalankan Netinstall. Ikuti petunjuk sesuai Nomor pada gambar dibawah ini :

Proses Netinstall RouterOS ke Flashdisk (semua paket akan dicopy ke Flashdisk)

Jika sudah muncul pesan Installation Completed, silahkan close Netinstall. Restart Laptop Anda lalu Setup BIOS untuk first boot melalui USB. Proses instalasi RouterOS akan berjalan, tunggu hingga selesai dan reboot PC Anda. OK. Selesai, nantinya Flashdisk ini bisa dipakai di PC lain. Semoga bermanfaat. Silahkan yang mau komentar disini boleh atau di mention di twitter @Mhd_Fadilah jg boleh.hehe

Instalasi MikroTik RouterOS di Flashdisk

Title : Instalasi MikroTik RouterOS di Flashdisk
Description : Instalasi MikroTik RouterOS di Flashdisk Assalamualaikum. Selamat sore kawan, kali ini saya akan share bagaimana cara instalasi RouterOS Mi...

0 Response to "Instalasi MikroTik RouterOS di Flashdisk"

Posting Komentar