Aplikasi Deteksi Kerusakan Harddisk

Aplikasi Deteksi Kerusakan Harddisk

Komputer ataupun laptop saat ini sudah banyak beredar berbagai macam. Walaupun saat ini sudah banyak yang memilikinya, namun masih sedikit orang yag tau bagaimana cara membenahi sebuah komputer jika sesuatu komponen rusak. Beberapa orang mengalami hal ini, dan langsung membawanya ke tukang reparasi atau teknisi komputer.
aplikasi deteksi kerusakan harddisk
Hal tersebut memang tidak disalahkan, namun sebenarnya kita bisa mendeteksi gejala awal apa yang terjadi pada komputer kita. Misalnya pada kerusakan harddisk, kita bisa mendeteksinya dengan beberapa cara. Hal yang paling mudah adalah menggunakan sebuah software. Nah, kali ini saya akan berbagi beberapa software yang bisa anda gunakan untuk mendeteksi kerusakan hard disk. Apa saja software tersebut? Mari kita simak tulisan berikut ini.

Aplikasi Deteksi Kerusakan Harddisk

CrystalDiskInfo
CrystalDiskInfo adalah salah stu aplikasi berbasis S.M.A.R.T. yang dapat kita gunakan untuk analisis gejala awal kerusakan hard disk. Kelebihan dari aplikasi ini adalah, anda tidak hanya bisa menggunakan aplikasi ini untuk hard disk internal, namun anda juga dapat menggunakannya untuk hard disk yang berbasis USB dan juga IEEE1394.
CrystalDiskInfo menampilkan berbagai macam informasi mengenai harddisk Anda, mulai dari informasi yang singkat hingga informasi yang sangat mendetail seperti informasi temperatur, read/write errors, power management tools, dan lainnya. Namun ada salah satu kelemahannya, yaitu aplikasi ini berjalan pada background, sehingga akan sedikit memakan proses dari prosesor anda.
HD Tune
HD Tune juga bisa anda gunakan untuk mendeteksi kerusakan awal hard disk. Hanya saja, aplikasi ini lebih simpel dari sebelumnya. Keunggulan dari aplikasi ini adalah dengan adanya fitur seperti benchmarking, advanced diagnostic, dan beberapa fitur lain yang terdapat di aplikasi CrystalDiskInfo. Aplikasi HD Tune ini juga menggunakan teknologi berbasis SMART yang dapat kompatibel dengan segala macam jenis harddisk.
HDD Health
HDD Health juga aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membantu menganalisa kerusakan hard disk. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini diantaranya adalah fitur temperatur, real time monitoring, health indicator, dan beberapa fiturlainnya. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dengan adanya fitur health indicator yang akan membantu anda untuk menampilkan keadaan hard disk dalam bentuk presentase. Aplikasi ini bisa menjadi pertimbangan anda untuk menganalisa gejala awal kerusakan hard disk anda.
HDD Scan
Satu lagi aplikasi yang bisa anda gunakan, yaitu aplikasi HDD Scan. Seperti aplikasi sebelumnya, HDD Scan juga mendukung berbagai macam HDD, karena memiliki fitur SMART. Aplikasi ini juga memiliki beberapa macam mode yang bisa anda gunakan untuk analisis, yang dinamai advanced testing, seperti reading, writing, dan erasing.

Aplikasi Deteksi Kerusakan Harddisk

Title : Aplikasi Deteksi Kerusakan Harddisk
Description : Aplikasi Deteksi Kerusakan Harddisk Komputer ataupun laptop saat ini sudah banyak beredar berbagai macam. Walaupun saat ini sudah banyak ya...

0 Response to "Aplikasi Deteksi Kerusakan Harddisk"

Posting Komentar