Setting Modem BOLT di MikroTik

Cara Setting Modem BOLT 4G di MikroTik, kali ini saya coba setting modem BOLT 4G/LTE di MikroTik. Saya akan memfungsikan modem BOLT sebagai WAN / koneksi internet di  mikrotik routerboard.
Alat perang yang saya gunakan :
  • Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90
  • MikroTik RB951Ui-2HnD

Kan Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 sudah bisa jadi WiFi akses point untuk sharing internet ke user-user, kenapa harus pakai mikrotik lagi ?

Contoh kali ini kenapa harus pakai mikrotik lagi, sedangkan Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 sudah bisa untuk sharing koneksi internet adalah :
  • Koneksi akses wifi client cuma bisa 8 koneksi, dengan wifi mikrotik bisa lebih dari 8 client.
  • Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 tidak bisa bandwidth management, dengan mikrotik kita bisa melakukan pengaturan badwidth user & atur akses terbatas dalam penggunaan internet. Dengan iming2 speed 10x lebih cepat dari modem 3G/CDMA, bisa dibayangkan quota anda seboros apa.
  • Selebihnya anda bisa setting koneksi LAN mikrotik anda bagaimana yang biasa Anda harapkan.
Karena Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 sudah built in WiFi akses point, di web GUInya tidak ada untuk disable WiFinya. Kalau saya hanya menyembunyikan nama WiFi / SSID di settingan modem BOLTnya di WiFi Setting > Basic SettingBroadcast Network Name (SSID) set Disable.

modem bolt mikrotik3 150x150 Cara Setting Modem BOLT 4G / LTE di MikroTik

Saya memanfaatkan port USB yang tersedia di MikroTik RB951Ui-2HnD, bisa diaplikasikan dengan type routerboard lainnya yang mempunyai port USB. Setelah anda colok Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 di port USB routerboard Anda. Lihat pada menu  di winbox System > ResourcesUSB akan terlihat driver modem BOLT anda terdeteksi oleh mikrotik. Kemudian pada menu winbox Interfaces akan muncul 1 interface dengan nama “lte”. Untuk yang saya sebutkan barusan anda tidak perlu melakukan setting apa-apa.

modem bolt mikrotik 300x300 Cara Setting Modem BOLT 4G / LTE di MikroTik

Modem BOLT 4G/LTE Di Mikrotik


Yang anda lakukan hanya lah menjadikan mikrotik client DHCP dari modem MiFi BOLT anda, caranya masuk winbox klik menu IP > DHCP-Client > klik “+” > pada kolom “Interface” pilih “lte” kemudian klik OK. Pada menu IP > Addresses akan muncul IP address yang diberikan oleh modem bolt dan di IP > Routes akan muncul default gateway ke IP default Modem MiFi BOLT 4G/LTE MF90 yaitu 192.168.1.1

modem bolt mikrotik 2 300x300 Cara Setting Modem BOLT 4G / LTE di MikroTik
Modem BOLT 4G/LTE Di Mikrotik
Cukup mudah kan
Title : Setting Modem BOLT di MikroTik
Description : Cara Setting Modem BOLT 4G di MikroTik, kali ini saya coba setting modem BOLT 4G/LTE di MikroTik. Saya akan memfungsikan modem BOLT sebagai...

1 Response to "Setting Modem BOLT di MikroTik"

  1. wah keren nih makasih infonya ahhahahaha btw pas corona gini gue jd main game aja cuy di rmh ahahhahah, tp gue lg ke hook banget nih sama ni game www.Econw.co cobain dah cuy seru bet dah jamin ahahhahahah

    BalasHapus