blog visitors

Tutorial Remote Mikrotik Dari Jarak Jauh

alam kesempatan kali ini saya sedikit memberikan bagaimana cara remote mikrotik jarak jauh menggunakan media internet, jadi jika sobat mempunyai usaha warnet, hostpot atau rt-rw net dan sobat berada dikejauhan dari sistem, sobat tidak perlu lagi kewalahan datang dan melakukan maintenance sistem routerboard mikrotik, cukup dengan melakukan setting sederhana, kita dapat memanfaatkan media internet dalam melakukan konfigurasi mikrotik.
Disini tidak terlalu panjang penjelasannya dan yang terpenting sobat dapat mensetting modem ADSL sobat untuk digunakan sebagai jalur remote mikrotik. Mungkin sebagian dari kita mempertanyakan modem ADSL merek apa yang mendukung remote dari luar sistem? berikut jenis modem yang pernah saya gunakan di berbagai warnet dan rt-rw net seperti D-Link, TP-Link, ArticoNet, ZTE, Alcatel, Astech, dll.
Untuk settingan ini saya menggunakan modem ADSL2/2+ TP-Link seri TD-8817. Berikut cara melakukan setting modem ADSL agar dapat me remote mikrotik :
  1. Buka browser sobat dan inputkan IP Address modem ADSL, secara default modem ADSL memiliki IP Address 192.168.1.1 dan belaku hampir semua merek modem.

  2. Login menggunakan username dan password modem sobat, user dan password default adalah user : admin dan password : admin.
  3. Setelah masuk kedalam sistem modem, kemudian pilih menu Advanced Setup > NAT.


    Biasanya Virtual Circuit : PVC0 silahakan sobat rubah menjadi PVC7 (tergantung jenis modem).
  4. Selanjutnya pilih option Virtual Server dan akan mencul seperti gambar berikut :


    Keterangan :

    • Rule Index : 1
    • Application : Mikrotik (optional "sesuaikan dengan kebutuhan")
    • Protocol : All atau TCP/UDP 
    • Start Port Number : 80
    • And Port Number : 8291
    • Local IP Address : 192.168.2.1 (IP Address yang terhubung dengan mikrotik)
    • Save
  5. Langkah selanjutnya adalah menentukan IP Public dari koneksi kita, sobat bisa menggunakan layanan myIPaddress.com untuk melihat IP Public koneksi sobat.

  6. Buka Winbox loader sobat kemudian isikan Connect To dengan IP Public koneksi sobat, Login sesuai sistem mikrotik sobat begitu pula dengan passwordnya kemudian Connect.


Sampai disini sobat dapat melakukan konfigurasi sistem mikrotik dari jarak jauh menggunakan media internet. Mudah bukan, selamat mencoba semoga berhasil. :)

0 komentar:

Poskan Komentar