Cisco Router Configuration Tutorial

Ada beberapa metode yang tersedia untuk mengkonfigurasi router Cisco. Hal ini dapat dilakukan melalui jaringan dari server TFTP. Hal ini dapat dilakukan melalui antarmuka menu yang disediakan saat boot, dan dapat dilakukan dari antarmuka menu yang disediakan dengan menggunakan perintah setup . Tutorial ini tidak meliputi metode ini. Ini mencakup konfigurasi dari antarmuka baris perintah IOS saja. Berguna bagi siapa pun baru untuk router Cisco, dan mereka belajar untuk CCNA.
Perhatikan bahwa tutorial ini tidak mencakup secara fisik menghubungkan router ke jaringan maka akan routing untuk. Ini mencakup konfigurasi sistem operasi saja.

Awalnya Anda mungkin akan mengkonfigurasi router dari terminal. Jika router sudah dikonfigurasi dan setidaknya satu port dikonfigurasi dengan alamat IP, dan memiliki koneksi fisik ke jaringan, Anda mungkin bisa telnet ke router tersebut dan mengkonfigurasinya di seluruh jaringan. Jika tidak sudah dikonfigurasi, maka Anda harus langsung tersambung ke dengan terminal dan kabel serial. Dengan kotak Windows Anda dapat menggunakan HyperTerminal dengan mudah terkoneksi dengan router. Pasang kabel serial ke port (COM) serial pada PC dan ujung lainnya ke port konsol pada router Cisco. Mulai HyperTerminal, menceritakannya yang port COM digunakan dan klik OK . Mengatur kecepatan sambungan ke 9600 baud dan klik OK . Jika router tidak menyala, hidupkan.
Jika Anda ingin mengkonfigurasi router dari kotak Linux, baik Seyon atau Minicom harus bekerja. Setidaknya satu dari mereka, dan mungkin keduanya, akan datang dengan distribusi Linux Anda.
Sering kali Anda akan perlu menekan Enter kunci untuk melihat prompt dari router. Jika dikonfigurasi maka akan terlihat seperti ini:
Router>
Jika sebelumnya telah dikonfigurasi dengan nama host, maka akan terlihat seperti ini:
hostname of router>
Jika Anda baru saja menyalakan router, setelah boot akan meminta Anda jika Anda ingin memulai konfigurasi awal. Katakan tidak. Jika Anda menjawab yes , ia akan menempatkan Anda pada antarmuka menu. Katakanlah no .

2.1 Mode

Cisco IOS antarmuka baris perintah ini diselenggarakan sekitar gagasan mode. Anda bergerak masuk dan keluar dari mode yang berbeda ketika mengkonfigurasi router, dan modus yang Anda berada dalam menentukan apa perintah dapat Anda gunakan. Setiap modus memiliki satu set perintah yang tersedia dalam mode tersebut, dan beberapa perintah-perintah ini hanya tersedia dalam mode tersebut. Dalam mode apapun, mengetik tanda tanya akan menampilkan daftar perintah yang tersedia dalam mode tersebut.
Router>?

2,2 unprivileged dan istimewa mode

Ketika Anda pertama kali terhubung ke router dan memberikan password (jika perlu), Anda memasukkan EXEC mode, modus pertama di mana anda dapat menjalankan perintah dari baris-perintah. Dari sini Anda dapat menggunakan perintah unprivileged seperti ping, telnet, and rlogin. Anda juga dapat menggunakan beberapa show perintah untuk mendapatkan informasi tentang sistem. Dalam mode unprivileged Anda menggunakan perintah seperti, show version untuk menampilkan versi dari IOS router sedang berjalan. Mengetik show ? akan diplay semua show perintah yang tersedia dalam mode Anda saat ini masuk
Router>show ?
Anda harus memasukkan privileged mode untuk mengkonfigurasi router. Caranya dengan menggunakan perintah enable . Privileged mode biasanya akan dilindungi password kecuali router dikonfigurasi. Anda memiliki pilihan untuk tidak melindungi sandi privileged mode, tapi itu adalah SANGAT dianjurkan yang Anda lakukan. Bila Anda menjalankan perintah berikut enable dan memberikan password, Anda akan memasuki privileged mode.
Untuk membantu pengguna melacak apa modus mereka berada, baris perintah prompt berubah setiap kali Anda memasukkan mode yang berbeda. Bila Anda beralih dari modus unprivileged ke privileged mode, perubahan yang cepat dari:
Router>
untuk
Router#
Ini mungkin tidak menjadi masalah besar jika hanya ada dua mode. Ada, pada kenyataannya, mode banyak, dan fitur ini mungkin sangat diperlukan. Perhatikan dekat dengan prompt setiap saat.
Dalam privileged mode ada banyak sub-mode. Dalam dokumen ini saya tidak selalu mengikuti Cisco terminologi untuk hirarki mode. Saya rasa penjelasan saya lebih jelas, terus terang. Cisco menggambarkan dua mode, unprivileged dan istimewa, dan kemudian hierarki perintah yang digunakan pada privileged mode. Saya alasan bahwa hal itu jauh lebih jelas untuk memahami jika Anda hanya mempertimbangkan ada menjadi banyak sub-mode privileged mode, yang saya juga akan memanggil modus induk. Setelah Anda memasukkan privileged mode (modus induk) ujung prompt dengan tanda pound (#). Ada banyak mode yang dapat Anda masukkan hanya setelah memasuki privileged mode. Masing-masing mode memiliki sebuah prompt dalam bentuk:
Router (argumen) #
Mereka masih semua berakhir dengan tanda pon. Mereka dimasukkan dalam privileged mode. Banyak dari mode ini memiliki sub-mode mereka sendiri. Setelah Anda masuk ke modus priliged, Anda memiliki akses ke semua informasi konfigurasi dan pilihan IOS menyediakan, baik secara langsung dari modus orangtua, atau dari salah satu submodes nya.

3. Konfigurasi Router Cisco Anda

Jika Anda baru saja menyalakan router, itu akan benar-benar dikonfigurasi. Jika sudah dikonfigurasi, Anda mungkin ingin melihat konfigurasi saat ini. Bahkan jika itu belum pernah dikonfigurasi, Anda harus membiasakan diri dengan show perintah sebelum mulai mengkonfigurasi router. Masukkan privileged mode dengan mengeluarkan perintah enable , kemudian mengeluarkan beberapa show perintah untuk melihat apa yang mereka tampilkan. Ingat, perintah show ? akan menampilkan semua show aavailable perintah dalam mode aktif. Pasti mencoba perintah berikut:
Router#show interfaces
Router#show ip protocols
Router#show ipv6 protocols
Router#show ip route
Router#show ipv6 route
Router#show ip arp
Router#show ipv6 neighbors
Bila Anda memasukkan privileged mode dengan menggunakan perintah enable , Anda berada dalam mode tingkat atas dari privileged mode, juga dikenal dalam dokumen ini sebagai "modus induk." Hal ini dalam mode ini tingkat atas atau orang tua bahwa Anda dapat menampilkan sebagian besar informasi tentang router. Karena sekarang Anda tahu, Anda melakukan ini dengan show perintah. Di sini Anda bisa belajar konfigurasi interface dan apakah mereka atas atau bawah. Anda dapat menampilkan apa protokol IP yang digunakan, seperti protokol routing dinamis. Anda dapat melihat rute dan tabel ARP, dan ini hanya beberapa pilihan yang lebih penting.
Saat Anda mengkonfigurasi router, Anda akan memasuki berbagai sub-mode untuk mengatur opsi, kemudian kembali ke modus orangtua untuk menampilkan hasil dari perintah Anda. Anda juga kembali ke modus orang tua untuk memasukkan sub-mode. Untuk kembali ke modus orang tua, anda menekan ctrl-z . Hal ini menempatkan setiap perintah yang baru saja dikeluarkan ke dalam mempengaruhi, dan mengembalikan Anda ke modus induk.

3,1 global konfigurasi (config)

Untuk mengkonfigurasi fitur router, Anda harus masuk modus konfigurasi. Ini adalah mode sub-pertama dari modus induk. Dalam modus orang tua, Anda menjalankan perintah config .
Router#config
Router(config)#
Sebagaimana ditunjukkan di atas, perubahan yang cepat untuk menunjukkan modus bahwa Anda sekarang masuk
Dalam mode connfiguration Anda dapat mengatur pilihan yang berlaku untuk seluruh sistem, juga disebut sebagai "konfigurasi global." Sebagai contoh, adalah ide yang baik untuk nama router Anda sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi itu. Anda melakukan ini dalam mode konfigurasi dengan hostname perintah.
Router(config)#hostname ExampleName
ExampleName(config)#
Sebagaimana ditunjukkan di atas, ketika Anda menetapkan nama host dengan hostname perintah, segera cepat perubahan dengan mengganti Router dengan ExampleName . (Catatan:. Ini adalah ide yang baik untuk nama router Anda dengan skema penamaan terorganisir)
Perintah lain yang berguna dikeluarkan dari mode config adalah perintah untuk menunjuk server DNS yang akan digunakan oleh router:
ExampleName(config)#ip name-server aa.bb.cc.dd
ExampleName(config)#ctrl-Z
ExampleName#
Ini juga di mana Anda mengatur password untuk privileged mode.
ExampleName(config)#enable secret examplepassword
ExampleName(config)#ctrl-Z
ExampleName#
Sampai anda menekan ctrl-Z (atau ketik exit sampai Anda mencapai modus induk) perintah Anda belum dimasukkan ke dalam mempengaruhi. Anda dapat masuk ke modus konfigurasi, mengeluarkan perintah yang berbeda, lalu tekan ctrl-Z untuk mengaktifkan mereka semua. Setiap kali anda menekan ctrl-Z Anda kembali ke mode induk dan prompt:
ExampleName#
Di sini Anda menggunakan show perintah untuk memverifikasi hasil dari perintah yang dikeluarkan dalam mode konfigurasi. Untuk memverifikasi hasil ip name-server perintah, menjalankan perintah show host .

3.2 Konfigurasi Cisco router interface

Cisco antarmuka penamaan sangatlah mudah. Interface individu disebut dengan konvensi ini:
media type slot#/port#
"Jenis Media" mengacu pada jenis media bahwa port adalah sebuah antarmuka untuk, seperti Ethernet, Token Ring, FDDI, serial, dll nomor Slot hanya berlaku untuk router yang menyediakan slot di mana Anda dapat menginstal modul. Modul ini berisi beberapa pelabuhan untuk media tertentu. Seri 7200 adalah sebuah contoh. Modul ini bahkan panas-swapable. Anda dapat menghapus modul dari slot dan menggantinya dengan modul yang berbeda, tanpa mengganggu layanan yang disediakan oleh modul-modul lain yang diinstal di router. Slot ini diberi nomor pada router.
Nomor port mengacu pada port merujuk pada port lain dalam modul itu. Penomoran adalah kiri ke kanan, dan semua penomoran dimulai dari 0, bukan pada satu.
Misalnya, 7206 Cisco router seri 7200 dengan enam slot. Untuk lihat interface yang merupakan pelabuhan ketiga modul Ethernet dipasang di slot keenam, itu akan menjadi antarmuka ethernet 6/2. Oleh karena itu, untuk menampilkan konfigurasi antarmuka yang Anda gunakan perintah:
ExampleName#show interface ethernet 6/2
Jika router Anda tidak memiliki slot, seperti 1600, maka nama antarmuka hanya terdiri dari:
media type port#
Sebagai contoh:
ExampleName#show interface serial 0
Berikut adalah contoh dari konfigurasi port serial dengan alamat IP:
ExampleName#config
ExampleName(config)#interface serial 1/1
ExampleName(config-if)#ip address 192.168.155.2 255.255.255.0
ExampleName(config-if)#ipv6 address fe80::230:1bff:fe80:b8ea/64
ExampleName(config-if)#ipv6 enable
ExampleName(config-if)#no shutdown
ExampleName(config-if)#ctrl-Z
ExampleName#
Kemudian untuk memverifikasi konfigurasi:
ExampleName#show interface serial 1/1
Perhatikan no shutdown perintah. Sebuah antarmuka dapat dikonfigurasi dengan benar dan terhubung secara fisik, namun akan "secara administratif bawah." Dalam keadaan ini tidak akan berfungsi. Perintah untuk menyebabkan sebuah antarmuka untuk secara administratif bawah adalah shutdown .
ExampleName(config)#interface serial 1/1
ExampleName(config-if)#shutdown
ExampleName(config-if)#ctrl-Z
ExampleName#show interface serial 1/1
Dalam Cisco IOS, cara untuk membalikkan atau menghapus hasil dari setiap perintah adalah hanya menempatkan no Infront itu. Misalnya, jika kita ingin unassign alamat IP kita telah ditugaskan untuk interface serial 1/1:
ExampleName(config)#interface serail 1/1
ExampleName(config-if)#no ip address 192.168.155.2 255.255.255.0
ExampleName(config-if)ctrl-Z
ExampleName#show interface serial 1/1
Konfigurasi interface yang paling untuk koneksi LAN mungkin hanya terdiri dari menetapkan alamat lapisan jaringan dan memastikan antarmuka tidak secara administratif shutdown. Hal ini biasanya tidak perlu menetapkan data-link enkapsulasi lapisan. Perhatikan bahwa itu sering perlu untuk menetapkan enkapsulasi data link layer yang sesuai untuk koneksi WAN, seperti frame-relay dan ATM. Interface serial default untuk menggunakan HDLC. Sebuah diskusi tentang data-link protokol adalah di luar lingkup dokumen ini. Anda harus mencari perintah IOS encapsulation untuk lebih jelasnya.

3.3 Konfigurasi Cisco Routing

IP routing secara otomatis diaktifkan pada router Cisco. Jika sebelumnya telah dinonaktifkan pada router Anda, Anda mengubahnya kembali dalam mode config dengan perintah ip routing.
ExampleName(config)#ip routing
ExampleName(config)#ctrl-Z
Untuk mengaktifkan Routing IPv6, gunakan perintah ipv6 unicast-routing.
ExampleName(config)#ipv6 unicast-routing
ExampleName(config)#ctrl-Z
Ada dua cara utama router tahu di mana untuk mengirim paket. Administrator dapat menetapkan rute statis, atau router dapat mempelajari rute dengan menggunakan protokol routing dinamis.
Rute statis umumnya digunakan dalam jaringan yang sangat sederhana atau dalam kasus tertentu yang memerlukan penggunaannya. Untuk membuat rute statis, administrator memberitahu sistem operasi router bahwa setiap lalu lintas jaringan ditujukan untuk alamat jaringan ditentukan lapisan harus diteruskan ke alamat jaringan Similiarly ditentukan lapisan. Dalam Cisco IOS ini dilakukan dengan ip route dan ipv6 rute perintah.
ExampleName#config
ExampleName(config)#ip route 172.16.0.0 255.255.255.0 192.168.150.1
ExampleName(config)#ctrl-Z
ExampleName#show ip route
ExampleName#config
ExampleName(config)#ipv6 route fe80::230:1bff:fe80::/64 fe80::230:1bff:fe80::1
ExampleName(config)#ctrl-Z
ExampleName#show ipv6 route
Dua hal yang bisa dikatakan tentang contoh ini. Pertama, alamat tujuan paket harus menyertakan subnet mask untuk itu jaringan tujuan. Kedua, alamat itu harus diteruskan ke adalah addres tertentu dari router berikutnya sepanjang jalur ke tujuan. Ini adalah cara paling umum pengaturan rute statis, dan satu-satunya dokumen ini meliputi. Perlu diketahui, bahwa ada metode lain.
Protokol routing dinamis, berjalan pada router terhubung, memungkinkan mereka router untuk berbagi informasi routing. Hal ini memungkinkan router untuk mempelajari rute yang tersedia bagi mereka. Keuntungan dari metode ini adalah bahwa router dapat menyesuaikan terhadap perubahan topologi jaringan. Jika rute yang secara fisik dihapus, atau router tetangga turun, protokol routing mencari rute baru. Protokol routing dinamis bahkan bisa memilih antara rute yang mungkin berdasarkan pada variabel seperti kemacetan jaringan atau keandalan jaringan.
Ada banyak protokol routing yang berbeda, dan mereka semua menggunakan variabel yang berbeda, dikenal sebagai "metrik," untuk memutuskan rute yang sesuai. Sayangnya, router harus menjalankan protokol routing yang sama seperti tetangganya. Banyak router bisa, bagaimanapun, menjalankan protokol mutliple. Juga, banyak protokol yang dirancang untuk dapat menyampaikan informasi routing untuk routing protokol lainnya. Hal ini disebut "redistribusi."
Protokol routing adalah topik yang kompleks dan dokumen ini hanya berisi deskripsi dangkal dari mereka. Ada banyak belajar tentang mereka, dan ada banyak sumber informasi tentang mereka tersedia. Sebuah sumber excelent informasi tentang topik ini adalah situs Cisco, http://www.cisco.com .

3,4 IPv6 konfigurasi dengan IOS

Ini adalah bagian terpisah karena IPv6 baru untuk kebanyakan orang, dan mereka akan mencari khusus untuk informasi tentang konfigurasi IPv6. Contoh mengkonfigurasi IPv6 termasuk seluruh dokumen, bagaimanapun, bersama IPv4. Itu adalah refleksi yang lebih akurat tentang bagaimana Anda akan bekerja dengan IPv6 pada sehari-hari. Setelah kebaruan lewat IPv6, akan menjadi salah satu bagian lebih dalam teka-teki akrab.
Konsep penting untuk memahami ketika mengkonfigurasi IPv6 adalah bahwa IPv4 dan IPv6 ada di paralel. Satu bukanlah pengganti untuk yang lain, setidaknya tidak dengan cara yang diperlakukan oleh sistem operasi. Sebuah istilah untuk ini adalah dual stack. Sebuah antarmuka dapat memiliki satu alamat IPv4 dan tidak ada alamat IPv6. Atau sebuah alamat IPv6 dan tidak ada alamat IPv4. Atau keduanya satu alamat IPv4 dan sebuah alamat IPv6. Contoh:
IPv4
!
interface FastEthernet0/0
ip address 192.168.1.138 255.255.255.0
!
IPv6 hanya
!
interface FastEthernet0/0
ipv6 address fe80::230:1bff:fe80::/64
ipv6 enable
!
IPv4 dan IPv6
!
interface FastEthernet0/0
ip address 192.168.1.138 255.255.255.0
ipv6 address fe80::230:1bff:fe80::/64
ipv6 enable
!
Perhatikan bahwa ada perintah terpisah tetapi serupa untuk IPv4 dan IPv6. Untuk menetapkan sebuah alamat IPv4,
ExampleName(config-if)#ip address 192.168.1.138 255.255.255.0
Untuk menetapkan sebuah alamat IPv6,
ExampleName(config-if)#ipv6 address fe80::230:1bff:fe80::/64
Ada beberapa perbedaan besar antara IPv4 dan IPv6 IOS perintah. Sebagai contoh, equivilant IPv6 show ip arp , adalah show ipv6 neighbors .

3.5 Menyimpan konfigurasi Router Cisco

Setelah Anda telah mengkonfigurasi routing pada router, dan Anda telah mengkonfigurasi antarmuka individu, router harus mampu routing lalu lintas. Berikan beberapa saat untuk berbicara dengan tetangga, kemudian menjalankan perintah show ip route dan show ip arp . Ada sekarang harus menjadi entri dalam tabel ini belajar dari protokol routing.
Jika Anda menghidupkan router dari sekarang, dan menyalakannya lagi, Anda harus mulai konfigurasi ulang. Konfigurasi Anda berjalan tidak disimpan ke media penyimpanan perminent. Anda dapat melihat konfigurasi ini dengan perintah show running-config .
ExampleName#show running-config
Anda ingin menyimpan konfigurasi sukses Anda berjalan. Mengeluarkan perintah copy running-config startup-config .
ExampleName#copy running-config startup-config
Konfigurasi Anda sekarang disimpan ke non-volatile RAM (NVRAM). Mengeluarkan perintah show startup-config .
ExampleName#show startup-config
Sekarang setiap kali Anda perlu kembali ke konfigurasi router Anda itu, mengeluarkan perintah copy startup-config running-config .
ExampleName#copy startup-config running-config

3,6 Contoh Cisco Router konfigurasi

  1. Router> mengaktifkan
  2. Router # config
  3. Router (config) # hostname N115-7206
  4. N115-7206 (config) # antarmuka seri 1/1
  5. N115-7206 alamat (config-if) ip 192.168.155.2 255.255.255.0
  6. N115-7206 (config-if) alamat ipv6 fe80 :: 230:1 bff: fe80: b8ea/64
  7. N115-7206 (config-if) ipv6 memungkinkan
  8. N115-7206 (config-if) tidak ada penutupan
  9. N115-7206 (config-if) ctrl-z
  10. N115-7206 # show interface seri 1/1
  11. N115-7206 # config
  12. N115-7206 (config) # interface ethernet 2/3
  13. N115-7206 (config-if) # ip address 255.255.255.0 192.168.150.90
  14. N115-7206 (config-if) # tidak ada penutupan
  15. N115-7206 (config-if) # ctrl-z
  16. N115-7206 # menunjukkan antarmuka ethernet 2/3
  17. N115-7206 # config
  18. N115-7206 (config) # ip nama-server 172.16.0.10
  19. N115-7206 (config) # ctrl-z
  20. N115-7206 # ping archie.au
  21. N115-7206 # config
  22. N115-7206 (config) # enable password rahasia
  23. N115-7206 (config) # ctrl-z
  24. N115-7206 # copy running-config startup-config
  25. N115-7206 # exit

4. Mengatasi Masalah Anda router Cisco

Tak pelak lagi, akan ada masalah. Biasanya, itu akan datang dalam bentuk pengguna yang memberitahukan bahwa mereka tidak dapat mencapai tujuan tertentu, atau destinattion sama sekali. Anda harus dapat memeriksa bagaimana router berupaya untuk rute lalu lintas, dan Anda harus dapat melacak titik kegagalan.
Anda sudah akrab dengan show perintah, kedua perintah spesifik dan cara belajar apa yang lain show perintah yang tersedia. Beberapa, perintah paling dasar yang paling berguna yang akan Anda gunakan untuk mengatasi masalah adalah:
Router#show interfaces
Router#show ip protocols
Router#show ipv6 protocols
Router#show ip route
Router#show ipv6 route
Router#show ip arp
Router#show ipv6 neighbors

4.1 Pengujian konektivitas

Hal ini sangat mungkin bahwa titik kegagalan tidak dalam konfigurasi router Anda, atau pada router Anda sama sekali. Jika Anda memeriksa konfigurasi router Anda dan operasi dan semuanya terlihat baik, masalahnya mungkin menjadi lebih jauh sampai baris. Bahkan, mungkin garis itu sendiri, atau bisa juga router lain, yang mungkin atau mungkin tidak di bawah administrasi Anda.
Satu alat diagnostik sangat berguna dan sederhana adalah ping perintah. Ping adalah sebuah implementasi dari Protokol Pesan Kontrol IP (ICMP). Ping mengirimkan permintaan ICMP echo ke alamat IP tujuan. Jika mesin tujuan menerima permintaan tersebut, akan meresponnya dengan respon ICMP echo. Ini adalah pertukaran yang sangat sederhana yang terdiri dari:
Halo, apakah Anda hidup?
Ya, saya.
ExampleName#ping xx.xx.xx.xx
Jika tes ping berhasil, Anda tahu bahwa tujuan Anda mengalami kesulitan mencapai hidup dan secara fisik dapat dicapai.
Jika ada router antara router dan tujuan Anda mengalami kesulitan mencapai, masalahnya mungkin di salah satu router lain. Bahkan jika Anda ping router dan menanggapi, mungkin memiliki antarmuka lainnya yang turun, tabel routing yang dapat rusak, atau sejumlah masalah lain mungkin ada.
Untuk melihat di mana paket yang meninggalkan router untuk tujuan tertentu pergi, dan seberapa jauh, gunakan trace perintah.
ExampleName#trace xx.xx.xx.xx
Mungkin diperlukan beberapa menit untuk utilitas ini hingga selesai, sehingga memberikan beberapa waktu. Ini akan menampilkan daftar semua hop itu membuat dalam perjalanan ke tujuan.

4,2 debug perintah

Ada beberapa debug perintah yang disediakan oleh IOS. Perintah-perintah ini tidak dibahas di sini. Merujuk pada situs Cisco untuk informasi lebih lanjut.

4.3 Hardware dan koneksi fisik

Jangan mengabaikan kemungkinan bahwa titik kegagalan adalah perangkat keras atau kegagalan koneksi fisik. Banyak hal bisa salah, dari kegagalan dewan untuk memotong kabel untuk gangguan listrik. Dokumen ini tidak akan describew tips masalah ini, kecuali untuk hal-hal sederhana.
Periksa untuk melihat bahwa router dihidupkan. Juga pastikan bahwa tidak ada kabel yang longgar atau rusak. Akhirnya, pastikan kabel yang dipasang ke port yang benar. Selain ini saran sederhana Anda akan perlu memeriksa sumber lain.

4,4 Dari kendali Anda

Jika titik kegagalan adalah jauh sampai baris, prolem yang mungkin terletak dengan peralatan tidak berada di bawah administrasi Anda. Satunya pilihan Anda mungkin menghubungi administrator peralatan itu, memberitahu mereka tentang masalah Anda, dan mintalah bantuan mereka. Adalah kepentingan Anda untuk menjadi courtious dan hormat. Administrator lain memiliki masalah mereka sendiri, beban kerja mereka sendiri dan prioritas mereka sendiri. Agenda mereka mungkin bahkan langsung konflik dengan Anda, seperti niat mereka untuk mengubah protokol routing dinamis, dll Anda harus bekerja dengan mereka, bahkan jika situasi yang membuat frustrasi. Mengasingkan seseorang dengan kekuatan untuk memblokir rute penting ke jaringan Anda bukan ide yang baik.
 
Title : Cisco Router Configuration Tutorial
Description : Ada beberapa metode yang tersedia untuk mengkonfigurasi router Cisco. Hal ini dapat dilakukan melalui jaringan dari server TFTP. Hal in...

0 Response to "Cisco Router Configuration Tutorial"

Posting Komentar