Setting User Manager di MikroTik

User Manager adalah salah satu fitur user management di mikrotik atau yang disebut aplikasi RADIUS Server, yang bisa kita aplikasikan untuk managemen user :
  • Hotspot user.
  • PPP (PPtP/PPPoe) user.
  • DHCP user.
  • Wireless user.
  • RouterOS user.
Management user yang memungkinkan kita melakukan limitasi akun user :
  • Time Based (waktu)
  • Quota Based (Total Byte download and upload)
  • Rate Limits (speed)
Dengan usermanager kita bisa juga membuat Auto generate voucher template, kita dapat membuat voucher internet yang memberikan informasi username/password dan paket dalam bentuk voucher.

Cara Install User Manager Di MikroTik

Default usermanager belum terinstall pada mikrotik, download packagenya  terlebih dahulu di http://routeros.co.id . Pilih versi yang sama dengan mikrotik anda dan download file package berbentuk zip “all_package-tipe-versi.zip”. Extract file tersebut dan didalamnya akan ada package “userman-versi-versi.npk”.  Upload file “userman-versi-versi.npk” ke mikrotik menggunakan FTP, atau bisa juga drag n drop dari PC ke jendela menu FILES yang ada di winbox mikrotik anda. Jika proses upload selesai, reboot mikrotik Anda agar package diinstall oleh router.
2 Cara Setting User Manager di MikroTik
Drag n Drop File Package Userman Ke Winbox
Setelah package userman sudah terinstall, sekarang adalah mengintegrasikan usermanager dengan mikrotik Anda. Agar service mikrotik dapat ber komunikasi dengan Usermanager / Radius Server.
Karena kita mengintegrasikan usermanager dalam 1 box/perangkat yang sama. Pada option Address saya isi “address=127.0.0.1″. Dan option Secret adalah password yang digunakan untuk komunikasi antara mikrotik router dengan usermanager. Dan service ppp, hotspot, wireless, dhcp akan menggunakan otentifikasi pada usermanager.
Kemudian kita daftarkan router yang akan menggunakan Usermanager untuk proses otentifikasi dengan setting pada sisi usermanager.

Login ke  Web Interface User Manager

Untuk login ke customer web interface ketik alamat di web browser Anda : http://Router_IP_address/userman, dimana “Router_IP_address” adalah IP Address router mikrotik Anda. Gunakan username dan password default “user:admin pass:kosong” untuk pertama kali. Untuk memberikan / mengganti password “admin” pada web klik menu kiri “Costumer” dan klik username yang akan mau diganti. Username disini adalah username admin yang digunakan untuk mengelola user/client pada usermanager.

Integrasi Hotspot MikroTik Dengan User Manager

Dengan salah satu fitur hotspot mikrotik, yang membatasi penggunaan koneksi internet dengan otentifikasi menggunakan halaman login dengan browser. Disini saya akan mencontohkan bagaimana setting hotspot mikrotik dengan usermanager. Dengan kata lain managemen user akan berada pada usermanager bukan pada user management winbox. Aktifkan “Use RADIUS” pada Server Profile Hotspot anda.
3 Cara Setting User Manager di MikroTik
Anggap saja anda jualan koneksi internet menggunakan voucher internet, misalnya pada cafe, hotel, sekolah, rt/rw net atau tempat publik lainnya. Yang setiap voucher mempunyai batasan/limitasi dan harga yang berbeda.
Pertama anda rencanakan paket voucher internet yang anda berikan.
# Voucher Harga Quota Waktu Masa Aktif
1 V 50k Rp. 50.000 30 Jam 15 Hari
2 V 20k Rp. 20.000 12 Jam 7 Hari
3 V 10k Rp. 10.000 4 Jam 2 Hari
4 V 5k Rp. 5.000 2 Jam 1 Hari
Dengan paket voucher internet seperti yang anda rencanakan, step pada usermanager adalah :

Setting Profile Limitation

Kita akan membuat limitasi berdasarkan waktu, 30, 12, 4 dan 2 jam, dalam arti username password bisa digunakan selama waktu yang ditentukan.
006 Mikrotik User Manager  Profiles 1024x488 Cara Setting User Manager di MikroTik
Pada web interfaces usermanager
  1. Klik “Profiles” pada menu kiri.
  2. Klik tab “Limitation
  3. Klik menu “Add > New
  4. Pada kolom “Name:” isi nama limitasinya, contoh disini isi “2Jam”
  5. Pada kolom “Uptime” isi “2h” karena voucher bisa digunakan untuk login selama 2 jam.
  6. Klik “Add
Teruskan membuat kembali untuk limitasi waktu voucher lainnya.

Setting Profile Voucher

Setelah membuat profil limitasi kemudian kita membuat Profiles/Paket voucher yang nanti digunakan masing-masing kategori username.
007 Mikrotik User Manager  Profiles 1024x529 Cara Setting User Manager di MikroTik
  1. Klik “Profiles” pada menu kiri.
  2. Klik tab “Profiles
  3. Klik tombol “+” untuk menambahkan.
  4. Isi nama profiles/paket voucher, misalnya “Paket 2Jam
  5. Isi masa aktif voucher pada kolom “Validity“, misalnya “1d“/1 hari. Jadi voucher ini akan hangus dalam 1 hari terhitung dari saat pertama kali login (harus dihabiskan dalam 1 hari), walaupun masih ada sisa waktu.
  6. Isi harga paket voucher pada kolom “Price
  7. Klik tombol “Add new limitation
  8. Tentukan periode waktu, paket ini bisa digunakan pada hari atau jam berapa. Opsi ini bisa digunakan bila anda mempunyai paket voucher seperti paket begadang, atau paket weekend.
  9. Pilih limitasi yang sebelumnya anda buat sesuai nama profile/paket voucher Anda, misalnya 2Jam dalam contoh ini.
  10. Klik “Add
  11. Klik “Save Profile
Klik tombol “+” kembali untuk menambahkan profile/paket voucher lainnya.

Membuat User Hotspot pada User Manager

Step terakhir, kita tambahkan informasi user hotspot di menu user. Klik tombol “Add – One” (untuk menambah username dan password secara manual) atau menggunakan “Add – Batch (UserManager akan menggenerate banyak username dan password). Jangan lupa, tentukan profilenya dengan profil yang sudah kita buat.
008 Mikrotik User Manager  Users Cara Setting User Manager di MikroTik
Untuk Generate voucher untuk bisa di print, Pilih/centang username password yang mau dibuatkan voucher, klik menu “Generate > Voucher
Title : Setting User Manager di MikroTik
Description : User Manager adalah salah satu fitur user management di mikrotik atau yang disebut aplikasi RADIUS Server, yang bisa kita aplikasikan untuk ...

0 Response to "Setting User Manager di MikroTik"

Posting Komentar