Topologi Jaringan

Dalam jaringan komputer, topologi mengacu pada tata letak perangkat yang terhubung. Artikel ini memperkenalkan standar topologi jaringan.

Topologi dalam Desain Jaringan

Pikirkan topologi sebagai bentuk virtual jaringan atau struktur. Bentuk ini tidak selalu sesuai dengan tata letak fisik sebenarnya dari perangkat pada jaringan. Sebagai contoh, komputer di rumah LAN dapat diatur dalam sebuah lingkaran di ruang keluarga, tapi akan sangat tidak mungkin untuk menemukan topologi cincin di sana.
Topologi jaringan dikategorikan ke dalam tipe dasar berikut:

  • bus
  • ring
  • star
  • tree
  • mesh 
Jaringan yang lebih kompleks dapat dibangun sebagai hibrida dari dua atau lebih dari topologi dasar di atas.

Bus Topologi

Bus jaringan (tidak harus bingung dengan bus sistem komputer) menggunakan Backbone untuk menghubungkan semua perangkat. Sebuah kabel tunggal, fungsi tulang belakang sebagai media komunikasi bersama bahwa perangkat melampirkan atau memanfaatkan dengan konektor antarmuka. Sebuah perangkat yang ingin berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan agar mengirim pesan broadcast ke kawat bahwa semua perangkat lain melihat, tetapi hanya penerima pesan yang dituju benar-benar menerima dan memproses pesan.
Topologi Bus ethernet relatif mudah untuk menginstal dan tidak memerlukan banyak kabel dibandingkan dengan alternatif. 10Base-2 ("thinnet") dan 10Base-5 ("ThickNet") keduanya populer pilihan Ethernet kabel beberapa tahun yang lalu untuk topologi bus. Namun, jaringan bus bekerja paling baik dengan sejumlah perangkat. Jika lebih dari beberapa lusin komputer yang ditambahkan ke jaringan bus, masalah kinerja mungkin akan terjadi. Selain itu, jika kabel tulang punggung gagal, seluruh jaringan secara efektif menjadi tidak dapat digunakan.


Bus Network Topology Diagram 


Topologi Ring

Dalam sebuah jaringan cincin, setiap perangkat memiliki tepat dua tetangga untuk tujuan komunikasi. Semua pesan perjalanan melalui cincin dalam arah yang sama (baik "jarum jam" atau "berlawanan"). Sebuah kegagalan dalam perangkat kabel atau istirahat loop dan dapat menurunkan seluruh jaringan.
Untuk membuat jaringan cincin, satu biasanya menggunakan FDDI, SONET , atau Token Ring teknologi. Cincin topologi ditemukan di beberapa gedung perkantoran atau kampus sekolah.

Ring Network Topology Diagram 

Topologi Star

Banyak jaringan rumah menggunakan topologi star. Sebuah jaringan bintang ini memiliki titik koneksi pusat yang disebut "hub node" yang mungkin menjadi hub jaringan , saklar atau router . Perangkat biasanya tersambung ke hub dengan unshielded Twisted Pair (UTP) Ethernet.
Dibandingkan dengan topologi bus, jaringan bintang umumnya memerlukan lebih banyak kabel, tetapi kegagalan dalam kabel jaringan bintang hanya akan mencatat satu akses jaringan komputer dan bukan seluruh LAN. (Jika gagal hub Namun, seluruh jaringan juga gagal.)

Star Network Topology Diagram 

Tree Topologi 

Tree topologi mengintegrasikan beberapa topologi Star bersama-sama ke sebuah Bus. Dalam bentuk yang paling sederhana, hanya perangkat hub terhubung langsung ke bus pohon, dan masing-masing fungsi hub sebagai akar pohon perangkat. Pendekatan bis / bintang hibrida mendukung upgrade masa depan jaringan jauh lebih baik dari bus (terbatas dalam jumlah perangkat karena lalu lintas siaran itu menghasilkan) atau bintang (dibatasi oleh jumlah titik koneksi pusat) saja.

Mesh Network Topology Diagram 


Topologi Mesh

Mesh topologi melibatkan konsep rute. Tidak seperti masing-masing topologi sebelumnya, pesan yang dikirim pada jaringan mesh dapat mengambil jalur beberapa kemungkinan dari sumber ke tujuan. (Ingat bahwa bahkan dalam sebuah cincin, meskipun dua jalur kabel ada, pesan hanya dapat melakukan perjalanan dalam satu arah.) Beberapa WAN , terutama Internet, mempekerjakan rute mesh.
Sebuah jaringan mesh dimana setiap perangkat terhubung ke setiap lain disebut mesh penuh. Seperti yang ditunjukkan pada ilustrasi di bawah ini, jaringan mesh parsial juga ada di mana beberapa perangkat terhubung hanya secara tidak langsung kepada orang lain.


Tree Network Topology Diagram 

Topologi tetap merupakan bagian penting dari teori desain jaringan. Anda mungkin dapat membangun rumah atau jaringan bisnis komputer kecil tanpa memahami perbedaan antara desain bus dan desain bintang, tapi menjadi akrab dengan topologi standar memberi Anda pemahaman yang lebih baik dari konsep jaringan penting seperti hub, siaran, dan rute. 
 

 
Title : Topologi Jaringan
Description : Dalam jaringan komputer, topologi mengacu pada tata letak perangkat yang terhubung. Artikel ini memperkenalkan standar topologi jaringan...

0 Response to "Topologi Jaringan"

Posting Komentar