Cara Install MikroTik sebagai Router Modem 3G

Cara Install MikroTik sebagai Router Modem 3G

Assalamualaikum sobat MikroTik :-) . Postingan saya kali ini masih seputar MikroTik. Nah, untuk kali ini saya akan share bagaimana melakukan konfigurasi MikroTik sebagai Router untuk modem 3G. Ada beberapa Warnet terpencil yang saya set menggunakan koneksi modem 3G untuk usahanya karena terbatasnya layanan Speedy. Bagi mereka yang tetap ingin bisa me-manage jaringan dan bandwidthnya dengan MikroTik bisa mengikuti tutorial berikut ini :

Untuk demo kali ini saya menggunakan :
1. Modem ZTE MF637 ( silahkan cek disini apakah modem yg anda gunakan disupport oleh MikroTik http://wiki.mikrotik.com/wiki/Supported_Hardware#3G_cards)
2. MikroTik RB750
3. Koneksi Telkom Flash Unlimited
4. VirtualBox  (https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads) , Virtualbox hanya sebagai tempat saya install MikroTik karena ga punya PC lain..hehehe…klo ini Live berarti VB ini adalah PC yang akan diinstall MikroTik. Untuk tipe2 tertentu, MikroTik sudah sediakan usb port.

OK. Langsung ke TeKaPe…Jangan lupa MikroTiknya diinstall dulu!

1. Tambahkan Interface ppp client, Tab General : set Port Usb Modem, APN, PIN Kartu Telkom Flash, Data Channel
1. Beralih ke Tab PPP : centang Add Default Route, Allow pap
2. Tambahkan IP Address untuk Interface Ethernet yang ke LAN
3. Tambahkan Settingan DNS Server : 8.8.8.8
4. Tambahkan NAT Masquerade, out-interface : ppp client interface
5. Tambahkan Mangle untuk Bandwidth Control
6. Set Queue Type PCQ Download
6. Set Queue Type PCQ Upload

Bersambung ya…ada orderan……hehe

Cara Install MikroTik sebagai Router Modem 3G

Title : Cara Install MikroTik sebagai Router Modem 3G
Description : Cara Install MikroTik sebagai Router Modem 3G Assalamualaikum sobat MikroTik . Postingan saya kali ini masih seputar MikroTik. Nah, untuk ...

1 Response to "Cara Install MikroTik sebagai Router Modem 3G"