Console Ubuntu, Perintah Terminal 2

Console Ubuntu, Perintah Terminal 2

Sekarang kita akan belajar Perintah direktori. Pada terminal, saat kita ingin menuju  direktori yang diinginkan, perintah yang digunakan adalah cd.
Saat pertama kita membuka terminal kita akan disuguhi kalimat seperti ini aku@akudesktop: ~$ . Ini adalah penunjuk kita menggunakan akun apa dan di direktori mana. “~” menunjukkan kita berada di direktori /home/user folder/. Jadi tidak perlu menuliskan secara lengkap alamat direktori home kita. Praktiskan.

Mungkin kita ingin pindah direktori. Jika direktori yang kita tuju berada di dalam direktori home/user folder/ itu mudah. Cukup dengan menuliskan <cd folder>. Anda akan langsung menuju direktori folder. Nah, kalau yang dituju bukan di dalam direktori home/user folder/, kita harus menuliskan lengkap alamatnya. Saya beri contoh untuk direktori media. Kita harus mengetik perintah cd /media/. Kita akan langsung dibawa ke direktori media. Simbol “~” akan hilang, karena kita tidak lagi berada di direktori home.
Jika kita ingin kembali ke awal, cukup ketik cd atau cd ~. Kita akan kembali ke posisi awal saat membuka terminal. Jangan lupa saat selesai mengetikkan perintah pencet tombol enter. Untuk naik satu level (up), ketik cd .. lalu enter. Untuk turun satu tingkat ketik cd -, janga lupa enter.
Bersambung >>
Saya ingatkan lagi, saat mau melakukan hal-hal yang vital pada Ubuntu anda. Jangan lupa untuk masuk dulu sebagai root user. Caranya buka terminal dan masukkan perintah sudo -i. Anda kan dimintai password. Masukkan password akun saat pertama Instalasi. Tapi saya sangat anjurkan untuk jarang-jarang saja masuk sebagai root user.

Console Ubuntu, Perintah Terminal 2

Title : Console Ubuntu, Perintah Terminal 2
Description : Console Ubuntu, Perintah Terminal 2 Sekarang kita akan belajar Perintah direktori. Pada terminal, saat kita ingin menuju  direktori yan...

0 Response to "Console Ubuntu, Perintah Terminal 2"

Posting Komentar